7 Helm Tempur Kuno Paling Unik Yang Pernah Ada!

7 Helm Tempur Kuno Paling Unik Yang Pernah Ada! - Helm bagi seorang prajurit adalah sebuah aksesoris yang tak terpisahkan dari mereka. Bagi prajurit zaman dahulu, helm juga sudah merupakan aksesoris yang wajib dikenakan baik saat bertempur ataupun bersiaga. Namun tak hanya helm ada juga baju tempur yang juga merupakan penanda pangkat seorang prajurit, semakin tinggi pangkat prajurit tersebut maka semakin mewah baju tempur yang dimilikinya. Maka tak jarang kita melihat adanya corak-corak unik dan khas tiap baju tempur di setiap negara, biasanya motif dan coraknya di dasarkan pada makhluk-makhluk mitologi yang ada pada cerita rakyat di setiap negara. Desain unik dari tiap negara-negara itu bisa kita lihat dari bentuk-bentuk helm dan baju tempur yang unik dan tak ada duanya, oleh karena itu kali ini Holoskop akan membagikan beberapa helm-helm tempur unik yang pernah ada di dunia  dalam,7 Helm Tempur Kuno Paling Unik Yang Pernah Ada!.

7 Helm Tempur Kuno Pang Unik Yang Pernah Ada!

1. Namea Lion's Head


Yup,sekilas helm di atas berbentuk seperti kepala singa, Jika dilihat dari kisahnya Namea Lion's Head merupakan sebuah helm berbentuk kepala singa yang berasal dari zaman Romawi kuno. Helm berawal dari kisah Hercules yang mengalahkan singa buas, dan setelah itu ia menggunakan kulit singa tersebut sebagai jubah, dari sinilah ide dibuatnya Namea Lion's Head yang sangat legendaris itu. Bagi masyarakat Romawi kuno helm ini sangatlah istimewa karena merupakan simbol keberanian, Kekuatan dan Ketekunan seorang prajurit. Helm ini berlapiskan emas dan bahan dalamnya merupakan kulit pilihan sehingga helm ini menjadi sangat mewah dan istimewa di masanya.

2. Helm Horned


Helm Horned, salah satu helm yg unik karna bentuknya menyerupai kepala manusia. Ya!helm yang satu ini terbuat dari besi yg dulunya merupakan bagian dari baju tempur yang diberikan oleh Maximilian 1 ke Raja Henry VIII pada sekitar tahun 1510. Namun awalnya Raja hendry VIII bingung melihat bentuk dari helm ini yg memiliki dua tanduk yang melengkung  menyerupai badut yang ada di kerajaan saat itu, dan karna helm ini juga menyerupai manusia dan memiliki tanduk yg aneh seperti hewan, akhirnya helm tersebut di beri nama Helm Bertanduk atau HELM HORNET.

3. Bamen



Di jepang ada salah satu helm tempur yang sangat unik namun bukan di peruntuk untuk manusia, melainkan kuda pacuan yang biasa dibawa ke medan perang. Helm perang ini mulai di gunakan sekitar abad ke-17, yang di mana saat itu para samurai masih hidup dan berperang. Bamen adalah sebutan untuk Topeng Kuda yang di gunakan oleh kuda-kuda tempur yang memliki bentuk menyerupai kepala naga,selain Bamen (Topeng Kuda), Kuda tempur samurai Jepang juga memiliki baju tempur yang di sebut "Bagai", terbuat dari pecahan keramik kecil dan dijahit pada kain yang berlapis emas. Menurut mitos orang jepang Bagai dan Bamen dapat memberi kemenagan ke pada samurai yang menaikinya


4. Kawari Kabuto


Nah, selanjutnya masih ada lagi helm tempur unik yang dimiliki oleh jepang, tapi kali ini untuk manusia. Kawari Kabuto namanya, helm yang satu ini digunakan oleh para petinggi samurai sekitar pada tahun 1467-1603. helm yang satu penggunaannya berdasarkan pangkat dan jabatan sang samurai tersebut, dengan menggunakan simbol iblis mitologi jepang kuno. orang jepang percaya bahwa motif iblis yang ada di Kawari Kabuto dapat memperlihatkan tingkat keganasan sang samurai, intinya semakin ganas tingkat iblis tersebut, berarti semakin tinggi jabatan yang dipengang oleh samurai tersebut. Menurut cerita masyarakat jepang, para samurai hanya akan melepaskan helm tempurnya jika kalah saat pertempuran.

5. Bearded Parade Helmet


Helm tempur unik yang satu ini merupakan salah satu koleksi dari Raja Charles V yang bisa dibilang sangat unik karena bentuknya yang menyerupai kepala manusia manusia yang memiliki rambut dan brewok yang teruntai. Jika dilihat dari bentuknya helm ini terlihat kokoh dengan menutupi bagian kepala hingga leher.


6. The Royal Coats Of Arms



The Royal Coats Of Arms merupakan salah satu helm pada masa pemerintahan Raja Henry IV pada tahun 1399. Jika dilihat dari bentuk helm yang satu ini, The Royal Coats Of Arms memiliki motif bagian depan yang menyerupai simbol kerajaan Inggris yaitu singa. The Royal Coats Of Arms mampu bertahan hingga beberapa generasi dan pastinya membuat siapa saja memakainya terlihat gagah dan kuat. Helm ini memiliki arti yaitu Keadilan Raja dan juga merupakan salah satu helm yang paling di sukai Raja James II.


7. Mycenaean Boar’s Tusk Helmet


Adalah salah satu helm perang yang tidak terbuat dari baja atau pun logam campuran lain, melainkan dari taring babi hutan dan juga macan yang dijadikan satu. Tidak jelas kapan helm ini di buat, namun jika melihat dari bahan yang di gunakan, helm ini ada pada saat manusia belum mengenal logam. Helm ini di temukan di yunani, konon helm ini di gunakan oleh pahlawan yunani pada perang troy

Nah, itulah tadi 7 Helm Tempur Kuno Paling Unik Yang Pernah Ada! versi holoskop. Beberapa helm di atas merupakan helm perang yang di gunakan pada zaman kuno, di mana teknologi belum maju seperti saat ini.

Bagi sobat yang memeliki referensi lain terkait helm-helm tempur kuno yang unik,sobat bisa menaruhnya di kolom komentar.

Baca juga :

Ini Dia 4 Kelebihan USB Type-C Yang Harus Kamu Tahu!


Jangan biarkan teman-teman kalian kudet, segera share artikel ini dan nantikan artikel menarik lainnya dari Holoskop

sumber:

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »